Dosen teregistrasi menjadi Satu Kunci Keberhasilan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi

Penyederhanaan Nomenklatur Prodi Mempermudah Administrasi Kelembagaan
February 14, 2018
Dosen Binaan Kopertais I tersertifikasi 2017 mengikuti Kegiatan Sosialisasi Sistem Sertifikasi Dosen Online Tahun 2018
February 27, 2018

Dosen teregistrasi menjadi Satu Kunci Keberhasilan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi

Berita Kopertais I Online – Pelaksanaan hari kedua rapat kerja Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta dengan pimpinan PTKIS menghadirkan Mulyono, SH, MH selaku Kasubdit Kompetensi Sumber Daya Manusia Kemenristek Dikti.

Dalam pembukaan materinya,  Mulyono, SH, MH yang di moderatori oleh Zulpikar S.E.I menyatakan bahwa seorang dosen dapat dikatakan dosen apabila sudah teregistrasi dalam data Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PD-Dikti). Data yang teregistrasi akan memberikan manfaat yang besar bagi pribadi dosen tersebut juga bagi instansi tempatnya mengabdi.

Data dosen yang teregistrasi menjadi satu kunci keberhasilan sistem penjaminan mutu. Berbagai kelebihan fasilitas yang dimiliki perguruan tinggi tidak akan berarti jika tida ada dosen yang memenuhi syarat maka penjaminan mutunya tidak akan bagus. Data-data dosen harus teregistrasi secara lengkap dalam sistem. Bagi kemenristek-dikti, data dosen tersebut digunakan untuk memberi ranking serta cluster perguruan tinggi di Indonesia, namun hanya terbatas bagi perguruan tinggi yang berada di bawah naungan kemenristek-dikti. Proses cluster tersebut dipengaruhi oleh data dosen sebagai salah satu komponen sumber daya manusia yang dimiliki perguruan tinggi .

Dalam pemaparan lebih lanjut, disampaikan bahwa pada saat ini kemenristek-dikti tengah merancang sistem integrasi dari beberapa sistem seperti sistem jabatan fungsional, sertifikasi dosen, BKD  dimana sistem tersebut dikenal sebagai Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Sistem SISTER bekerja secara realtime dan setiap dosen akan memiliki akunya masing-masing sehingga tidak bergantung kepada pihak lain untuk mengupdate data. Di rencanakan pada tahun 2018 akan dilakukan sosialisasi mengenai sistem SISTER kepada seluruh dosen.

Terkait dengan data-data perangkat perguruan tinggi, mulai tahun 2017 BAN-PT melalui sistem SAPTO sudah menggunakan data dari PD-Dikti sebanyak 10%. Direncanakan pada tahun 2018 di canangkan sebesar 20% dan akan meningkat untuk tahun-tahun kedepannya. Data-data perguruan tinggi tersebut meliputi nama institusi, nama prodi, data dosen, data mahasiswa, status institusi dan prodi.

Berkaitan khusus dengan registrasi pendidik, terdapat Permenristek-dikti yang mengatur mengenai pemberian nomor induk dosen. Mulai saat ini,  seluruh dosen harus memiliki nomor induk supaya seluruh informasi mengenai dosen dapat diketahui dengan pasti. Permenristek-dikti tersebut juga memberikan kesempatan kepada para dosen untuk bisa menularkan ilmunya Pemberian nomor induk tersebut juga bermanfaat bagi dosen untuk mengidentifikasi hak-hak dari profesinya. Manfaat lain dari Permenristek-dikti tersebut juga mampu meningkatkan angka partisipasi kasar dimana jika ada penambahan dosen teregistrasi maka akan ada penambahan kuota mahasiswa.  Dosen tidak hanya sebgai pengajar, peneliti dan pengabdian tetapi juga berfungsi sebagai pembimbing skripsi. Penambahan dosen akan meningkatkan rasio dosen-mahasiswa. Selain itu penambahan dosen juga memberikan intensifitas yang lebih baik terhadap kualitas pendidikan mahasiswa. (Syafi’ih/Lazuardi)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *