Penyederhanaan Nomenklatur Prodi Mempermudah Administrasi Kelembagaan

PTKIS Berkontribusi Besar bagi Pendidikan Tinggi di Indonesia
February 14, 2018
Dosen teregistrasi menjadi Satu Kunci Keberhasilan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
February 14, 2018

Penyederhanaan Nomenklatur Prodi Mempermudah Administrasi Kelembagaan

Berita Kopertais I OnlineRapat kerja Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta dengan pimpinan PTKIS juga menghadirkan Prof. Dr. Arskal Salim, MA selaku Direktur Diktis dan di moderatori oleh Wakil Koordinator Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil, MA.

Penyampaian materi oleh Prof. Dr. Arskal Salim, MA berkaitan mengenai kebijakan akademik dan kelembagaan. Menurutnya, sistem penjaminan mutu merupakan sistem yang berkaitan dengan kualitas dari PTKIS. Setiap PTKIS wajib meningkatkan mutu dan kualitas demi mewujudkan pendidikan yang baik. Sistem penjaminan mutu yang harus di tingkatkan yakni mutu internal dimana dilaksanakan oleh masing-masing PTKIS serta mutu eksternal yang dilaksanakan oleh BAN-PT.

Hingga tahun 2017, menurut data yang ada di Pendis- Dikti terdapat 57 PTKIN dan sekitar 763 adalah PTKIS. Banyaknya PTKIS tersebut menjadikan Indonesia di atas China yang jumlah penduduknya jauh lebih besar. Pemerintah berterimakasih kepada para PTKIS yang telah ikut serta berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa. Partisipasi tersebut turut serta meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Indonesia.

Dalam pemaparan materi mengenai akademik, Prof. Dr. Arskal Salim, MA menyatakan bahwa saat ini terdapat beberapa prodi yang memiliki kesamaan keilmuan namun berbeda dari segi nomenklatur dan menghasilkan gelar lulusan yang sama. Hal tersebut dapat menimbulkan suatu masalah dan lulusannya lebih sulit diterima di dunia kerja. Oleh karena itu, salah satu kebijakan yang akan dilakukan kementerian agama adalah dengan menyederhanakan prodi-prodi tersebut. Diharapkan melalui penyerderhanaan tersebut, lulusan perguruan tinggi dapat lebih diterima di dunia kerja melalui gelar yang didapatkannya.

Dalam kebijakan kelembagaan, kementerian agama telah memberikan ijin pembukaan prodi yang cukup banyak bagi prodi pendidikan agama Islam (PAI) dan fakultas tarbiyah. Untuk itu, kementerian agama berencana melakukan moratorium. Terkait dengan upaya ¬†meningkatkan akreditasi PTKIS, kementerian agama sedang melakukan pendirian lembaga akreditasi mandiri. Diharapkan dengan adanya lembaga tersebut, PTKIN dan PTKIS di bawah naungan kementerian agama bisa terakreditasi secara cepat dan mendapatkan hasil akreditasi yang baik. (Syafi’ih/Lazuardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *