Loading...

Kopertais Wilayah 1 Mendorong Peningkatan Kualitas PTKIS

Diposting Oleh A.M. Hasan Ali, M.A. - 22 June 2023 15:44:48 WIB

Foto : Dokumentasi Sekretaris

Cilegon, 20 Juni 2023
Dalam kesempatan visitasi ke Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Khairiyah di Cilegon Banten, pada hari Selasa, 20 Juni 2023, Wakil Kordinator Kopertais Wilayah 1 Prof. Dr. Sururin, M.Ag, mendorong adanya peningkatan kualitas pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di wilayah Kopertais 1. Peningkatan kualitas PTKIS tersebut mencakup berbagai aspek, termasuk aspek kelembagaan, kompetensi SDM, proses pembelajaran dan pelayanan.

Dari sisi kelembagaan, PTKIS yang dari awal pendiriannya masih hanya memiliki satu rumpun keilmuan, seperti Ilmu Tarbiyah atau Ilmu Syariah, bisa didorong untuk ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam. Tentunya peningkatan kelembagaan ini berdasarkan Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Rencana Strategis (Renstra) yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi tersebut. Selain itu, peningkatan kualitas PTKIS bisa dilakukan melalui sisi SDM-nya, baik dosen atau tenaga pendidikan (tendik).

Berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM di lingkungan PTKIS, Kopertais Wilayah 1 mensupport agar dosen PTKIS dapat meningkatkan kompetensinya melalui keikutsertaannya dalam proses pembelajaran yang lebih tinggi, mengikuti kegiatan penelitian, dan aktif menulis di jurnal, baik jurnal bertaraf nasional ataupun jurnal internasional.

Selain melakukan visitasi ke STIT al-Khairiyah Cilegon, pada hari yang sama Pimpinan Kopertais wilayah 1 juga melakukan kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) ke Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ad-Dakwah yang beralamat di Jl. TB. Hasan Cimesir Rangkasbitung. Pada saat visitasi ke STIT Ad-Dakwah, Kopertais Wilayah1 mendorong sekiranya akan membuka program studi baru agar perlu melakukan studi kelayakan terlebih dulu. (amha)

(Dilihat sebanyak 2061 kali)
Bagikan




Foto-foto Lainnya