Loading...

Pengembangan Karir bagi Mahasiswa PTIS di Lingkungan Kopertais Wilayah 1

Diposting Oleh A.M. Hasan Ali, M.A. - 22 June 2023 20:41:51 WIB

Foto : Dokumentasi Sekretaris

Tangerang Selatan, 22 Juni 2023
Pengelola perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dituntut untuk bisa menyiapkan mahasiswanya agar setelah lulus nanti bisa terserap ke dunia kerja. Berkenaan dengan hal ini, Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah 1 DKI Jakarta dan Banten pada hari Kamis, 22 Juni 2023 mengadakan kegiatan Pengembangan Karir bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di lingkungan Kopertais 1 wilayah DKI Jakarta dan Banten.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kordinator Kopertais 1, Prof. Dr. Sururin, M.Ag dan didampingi oleh Sekretaris Kopertasi, AM Hasan Ali, MA. Hadir sebagai nara sumber, Ibu Salamah Agung, PhD, yang pernah menjabat sebagai Ketua Pusat Karir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu hadir pula sebagai nara sumber Bapak Ahmad Musofa, MT, dari anak perusahaan Tata Corporation India.

Berkaitan dengan karir, lulusan perguruan tinggi menurut Salamah Agung bisa memilih tiga hal, yakni bekerja, berwirausaha atau meneruskan jenjang kuliah yang lebih tinggi. Ketiga opsi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika alumni perguruan tinggi berkarir dengan bekerja pada pihak lain, kelebihannya memang tiap bulan memperoleh take home pay yang jelas dan pasti. Namun kekurangannya kalau bekerja dengan pihak lain tidak mempunyai kebebasan, ada keterikatan dengan pihak lain. Seorang yang berstatus sebagai pegawai atau karyawan harus tunduk dengan aturan yang ditetapkan oleh pihak pemberi kerja.

Sedangkan pilihan kedua, lulusan perguruan tinggi dapat berkarir dengan meng-create pekerjaan sendiri melalui proses berwirausaha. Kelebihannya kalau berwirausaha mempunyai kebebasan, tidak tergantung dengan pihak lain, sebagaimana orang yang berstatus sebagai karyawan atau pegawai. Memang kekuranganya kalau berwirausaha, penghasilannya tidak tentu, bisa jadi hasil usahanya memperoleh keuntungan (profit) yang besar, atau sebaliknya mendapat keuntungan yang sedikit, atau bahkan mengalami kerugian.

Dalam kegiatan pengembangan karir ini diharapkan mahasiswa PTKIS di wilayah Kopertais 1 mempunyai wawasan entrepreneurship yang nantinya dapat sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja yang riil. Saat ini problem yang dihadapi alumni perguruan tinggi adalah ketidakseimbangan antara jumlah lowongan pekerjaan dan jumlah orang yang mencari pekerjaan. Jumlah orang yang mencari pekerjaan lebih banyak dibanding dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia. Akibatnya, sehingga tidak semua lulusan perguruan tinggi tidak terserap ke dunia kerja. Oleh karenanya, menjadi tanggung jawab pengelola perguruan tinggi agar membekali wawasan mengenai kewirausahaan. (amha)

(Dilihat sebanyak 2538 kali)
Bagikan




Foto-foto Lainnya