Loading...

Kunjungan Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka Ke Kopertais 1

Diposting Oleh Muhammad Syafiih, S.Pd - 28 July 2023 14:30:51 WIB

Foto : Dokumentasi Pengelola Sistem Informasi

Tangerang Selatan, 27 Juli 2023 – Dalam rangka pelaksanaan tugas pembinaan kelembagaan, pimpinan Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah 1 DKI Jakarta dan Banten, menerima kunjungan dari Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka.

Dalam kunjungan ini, rombongan Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka diterima secara langsung oleh pimpinan Kopertais Wilayah I, terdiri dari Wakil Koordinator Prof. Dr. Sururin, M.Ag, Sekretaris Kopertais AM Hasan Ali, MA dan Subkoor Bina PTAIS Hj. Helmi Halimatul Udhmah, M.Si. Adapun rombongan FAI Uhamka dihadiri oleh Dekan Ai Fatimah Nur Fuad, Lc., MA., Ph.D., Wakil Dekan I Bidang Akademik & Kerjasama Dr. Purwidianto, MA, Kaprodi Pendidikan Agama Islam Shobah Shofariyani Iryanti, M.Pd., Kaprodi Perbankan Syariah Mitra Sami Gultom, M.E.I., Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab Miatin Rachmawati, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Wakil Koordinator Kopertais mengucapkan terimakasih atas kunjungan FAI Uhamka, diperlukan kolaborasi untuk menyelesaikan masalah PTKIS dan salah satunya adalah melalui forum komunikasi seperti ini. Lebih lanjut disampaikan terimakasih kepada FAI Uhamka atas hasil akreditasi Institusi maupun prodi yang unggul, semoga dapat diikuti oleh kampus-kampus lain di binaan Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten. Wakil Koordinator berharap kepada kampus-kampus yang sudah terakreditasi unggul diharapkan dapat melanjutkan akreditasi ke tingkat Internasional akreditasi.

Berbicara mengenai akreditasi, Wakil Koordinator menyampaikan bahwa capaian akreditasi institusi maupun prodi di binaan Kopertais 1 menunjukan disparitas yang sangat tinggi, ada yang unggul tapi banyak juga yang baik/C. Bahkan ada juga yang sudah bertahun-tahun tidak mengurusi akreditasi. Terdapat 28 prodi di binaan kopertais 1 yang masih merah dengan berbagai progres. Pemantauan akreditasi yang dilakukan oleh kopertais melalui aplikasi SiAP, namun ada beberapa kampus yang tidak melakukan update data. Diharapkan kedepannya, kampus dapat selalu mengupdate data-datanya baik berupa data akreditasi institusi mapun prodi, data dosen serta data mahasiswa.

Dalam pembicaraan lebih lajut, FAI Uhamka melalui Dekan FAI mengucapkan terimakasih atas sambutan dan penerimaan oleh Kopertais dalam kunjungan audiensi di kantor Kopertais. Dekan FAI menyampaikan beberapa informasi mengenai perkembangan FAI Uhamka yakni salah satunya peningkatan jumlah mahasiswa khususnya prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan total mahasiswa sekitar 300 mahasiswa yang dari awalnya hanya 2 mahasiswa.

Selanjutnya Dekan FAI Uhamka menyampaikan hal terkait dengan permohonan pembukaan program studi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam. FAI Uhamka sudah melakukan beberapa kali review proposal izin pendirian dengan asesor BAN-PT. Dari hasil pendampingan tersebut dketahui beberapa kekurangan seperti linieritas keilmuan dosen dan saat ini sudah dilakukan perbaikan aspek-aspek terkait. Beberapa prodi di Uhamka diketahui sudah ada sampai jenjang Doktoral (S3), sedangkan di FAI belum memiliki jenjang Magister (S2). Prodi FAI Jenjang S1 memiliki histori akreditasi yang bagus sehingga dianggap sebagai bekal yang cukup baik untuk membuka program Magister (S2) PAI dan rencana kedepan, FAI Uhamka akan melakukan benchmarking ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. FAI Uhamka meminta tolong kepada kopertais untuk membantu mengawal proses pembukaan prodi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam.

Dalam tanggapannya, Wakil Koordinator Kopertais menjelaskan bahwa untuk pembukaan prodi masih tetap dapat diajukan meskipun saat ini masih berlaku moratorium pendirian institusi baru. Saat ini kopertais tengah melakukan inventori dokumen peraturan ataupun edaran terkait dengan permohonan serdos maupun jabatan fungsional dosen, Kopertais mempersilahkan ptkis untuk melakukan pendampingan proposal dengan asesor kompeten dan akan menjembatani antara ptkis dengan asesor untuk melaksanakan pendampingan proposal. Kopertais akan support terhadap permohonan pendirian prodi baru, kopertais akan melihat kelayakan karena akan terkaiit dengan rekomendasi yang akan di terbitkan.

Perihal pembukaan prodi baru, kopertais memberikan perhatian khusus terhadap SDM yang di siapkan, dalam hal tersebut harus di perhatikan linieritas keilmuan dosen-dosennya, minimal linier dalam satu bidang keilmuan dengan prodi yang akan di buka. Kopertais mempersilahkan dan siap menerbitkan rekomendasi pengajuan prodi S2 PAI uhamka jika studi kelayakannya sudah layak dan memilki ciri khas dan distingsi dengan prodi S2 PAI dari kampus lainnya.

Penutupan kegiatan di tandai dengan adanya penyerahan plakat cinderamata yang diserahkan oleh Dekan FAI Uhamka kepada Wakil Koordinator Kopertais

(Dilihat sebanyak 2078 kali)
Bagikan




Foto-foto Lainnya