Loading...

Kopertais 1 Fasilitasi MoU dengan PTKIS di Wilayah Kopertais 12 dan PT di Singapura

Diposting Oleh A.M. Hasan Ali, M.A. - 23 August 2023 10:45:01 WIB

Foto : Dokumentasi Sekretaris

Batam, 24-25 Agustus 2023

Dalam rangka meningkatkan tata kelola pendidikan tinggi yang lebih baik, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dituntut untuk menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan, termasuk antara perguruan tinggi baik, berskala nasional ataupun internasional.

Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) 1 yang mencakup wilayah DKI Jakarta dan Banten pada tanggal 23-25 Agustus 2023 memfasilitasi PTKIS di wilayah Kopertais 1 menjalin kerjasama dengan PTKIS di wilayah Kopertais 12 dan PT di Singapura.

Ada 28 PTKIS Kopertais 1 yg mengikuti program kerjasama. Sedangkan dari Kopertais Wilayah 12 ada 4 PTKIS yang ikut berpartisipasi dalam kerjasama ini. Pelaksanaan kerjasama MoU ini dilaksanakan di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Sina di kawasan Nagoya Batam pada hari Rabu, 23 Agustus 2023.

Selain mengagendakan MoU antara PTKIS, suasana kebersamaan antara Kopertais 1 dan Kopertais 12 juga dilengkapi dengan acara Seminar Internasional dengan mengambil tema "Peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045".

Dalam acara seminar ini, hadir sebagai Keynote Speaker pertama En Mohd Shukri Bin Ali dari Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor. Keynote Speaker kedua disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA.

Ada dua sesi dalam seminar ini. Sebagai pembicara dalam sesi pertama, Wakil Koordinator Kopertais Wilayah 1 Prof Dr Sururin, M.Ag dan Wakil Koordinator Kopertais 12 Prof Dr Munzir Hitami, MA. Adapun pembicara seminar sesi kedua diberikan kesempatan kepada perwakilan dari PTKIS. Ada 5 PTKIS yang ikut berpartisipasi sebagai pembicara dalam seminar ini, yakni Dr. M. Syofyan Jauhari dari STIU Al-Hikmah Jakarta, Dr. Sunardi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Cendekia Abditama, Dr. M. Subhi Ibrahim dari Universitas Paramadina Jakarta, Aida Maqbulah, MA dari STAI al-Aqidah Al-Hasyimiyah Jakarta, dan Dr. M. Juni Bedu dari STAI Ibnu Sina Batam.

Hadir juga dalam acara seminar ini Sekretaris Kopertais Wilayah 1, AM Hasan Ali, MA dan Sekretaris Kopertais Wilayah 12, Ahmad Masy'ari, MA, Ketua Yayasan Ibnu Sina Batam, drg. Andi Tenri, MM, serta Analis Kebijakan Bina PTKIS Hj. Helmi Halimatul Udhmah, M.Si.

Pada hari berikutnya, Kamis, 24 Agustus 2023, rombongan PTKIS Kopertais 1 melanjutkan MoU dengan 2 Perguruan Tinggi di Singapura, yakni Institut Ramlah Daing Abdul Kadir (IRDAK) dan Muhammadiyah Islamic College (MIC).

Saat di IRDAK, Rektor IRDAK Daing Fuadi A. Kadir Tawajok, menyambut baik kerjasama MoU pengembangan pendidikan tinggi antara IRDAK dengan PTKIS di wilayah Kopertais 1. (amha)

(Dilihat sebanyak 1675 kali)
Bagikan




Foto-foto Lainnya