Loading...

Kopertais 1 Fasilitasi Klinik Borang Akreditasi Bagi PTKIS

Diposting Oleh A.M. Hasan Ali, M.A. - 13 December 2023 21:23:05 WIB

Foto : Dokumentasi Sekretaris

Tangerang Selatan, 13 Desember 2023.
Kopertais wilayah 1 DKI Jakarta dan Banten mempunyai komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas akreditasi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di bawah binaannya. Melalui sistem aplikasi yang dimilikinya, yang familiar dikenal dengan Sistem Administrasi Pelayanan (SiAP), Kopertais 1 dapat mendeteksi dini kualitas akreditasi PTKIS.

Dalam sistem SiAP, kualitas akreditasi PTKIS dibedakan dengan menggunakan tiga warna, yakni hijau, kuning dan merah. PTKIS yang akreditasinya berwarna hijau berarti masih dalam kondisi aman. Warna kuning menandakan kalau PTKIS tersebut sudah mau memasuki masa kedaluarsa akreditasinya. Sedangkan warna merah menandai PTKIS yang sudah kedaluarsa.

Dalam rangka menjaga kualitas akreditasi PTKIS yang ada di bawah binaannya, Kopertais 1 pada hari Selasa-Kamis, 12-14 Desember 2023 melaksanakan kegiatan Klinik Borang Akreditasi bagi PTKIS yang status akreditasinya masuk kategori warna merah, baik akreditasi perguruan tinggi (APT) atau akreditasi program studi (APS). Harapannya, PTKIS yang APT atau APS-nya masih berwarna merah bisa segera menyusun dan mensubmit borang akreditasinya ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM)

Kegiatan klinik borang ini disupport oleh Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama dilaksanakan di Hotel Ibis Gading Serpong Tangerang Selatan. Hadir sebagai fasilitator atau narasumber 2 Asesor BANPT, yaitu Prof. Dr. Sururin, M.Ag yang juga menjabat sebagai Wakil Koordinator Kopertasi 1 dan Suparto, Ph.D. Sedangkan peserta yang mengikuti klinik borang akreditasi ada 40 orang dari perwakilan PTKIS.

Narasumber dalam melakukan pendampingan kegiatan klinik borang akreditasi ini menggunakan model bedah borang akreditasi dari salah satu PTKIS. Ada 2 borang akreditasi yang dibedah dari PTKIS, yakni borang akreditasi dari STAI Sadra dan IIQ. [hsn]

(Dilihat sebanyak 4026 kali)
Bagikan




Foto-foto Lainnya