Loading...

Peningkatan Mutu Penelitian dan Publikasi PTKIS

Diposting Oleh Muhammad Syafiih, S.Pd - 04 June 2024 11:50:19 WIB

Foto : Dokumentasi Pengelola Sistem Informasi

Jakarta, 3 Juni 2024 - Kopertais wilayah 1 DKI Jakarta dan Banten mempunyai komitmen kuat untuk meningkatkan mutu penelitian dan publikasi karya ilmiah dosen pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di bawah binaannya. Melalui kegiatan evaluasi program kerja Kopertais Wilayah 1 tahun 2024 dihadirkan Direktur Repositori, Multimedia dan Penerbitan BRIN Zainal Akbar, M.Kom., Ph.D sebagai narasumber.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memiliki 12 organisasi riset dan sekitar 83 pusat riset. Sesuai dengan peraturan, Direktorat Repositori, Multimedia dan Penerbitan BRIN memiliki tugas dan fungsi di repositori atau media penyimpanan serta di publikasi ilmiah.

Berkaitan dengan tugas dan fungsi, Direktorat Repositori, Multimedia dan Penerbitan BRIN menyediakan beragam aplikasi dan kemudahan yang dapat digunakan bagi para perguruan tinggi untuk membantu menerbitkan karya ilmiahnya salah satunya springer yang terindeks scopus. Tersedia berbagai literatur referensi yang dapat dimanfaatkan untuk mendindentifikasi peta pengetahuan dosen, mengetahui ada atau tidaknya plagisasi, kita akan menemukan teori dan konsep sehingga apa yang dosen tulis itu ada perbedaan dengan tulisan lainnya.

Zainal menjelaskan bahwa suatu karya ilmiah merupakan karya yang dilandaskan atas kepercayaan dan didukung oleh proses dan metodologi yang sistematis sehingga menghasilkan karya terverifikasi dan di reproduksi kembali, jangan sampai hanya orang yang melakukan riset itu yang dapat mendapatkan hasilnya dan menimbulkan krisis reproduksi riset. Krisis reproduksi riset menyebabkan bahwa riset itu tidak bisa di produksi, hanya sekedar tulisan dan ketika dilakukan penelitian ulang akan menghasilkan produk yang berbeda.

Demi mendukung program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, BRIN melakukan afirmasi kepada perguruan tinggi dalam menerbitkan karya ilmiahnya melalui berbagai macam media salah satunya adalah repository yang dapat terintegrasi dengan indeksasi internasional. BRIN bersedia menjadi fasilitator dalam penerbitan karya ilmiah dosen PTKIS melalui program pusat kolaborasi riset yang diadakan tiap tahun dimana perguruan tinggi dapat mengirimkan proposal riset secara online dan kemudian akan dilakukan seleksi secara nasional.

Salah satu indikator penilaian proposal adalah adanya kolaborasi dengan berbagai pihak karena memiliki skor penilaian yang lebih tinggi. BRIN dapat memfasilitasi para peneliti untuk bertemu misalnya dengan pusat riset keagamaan dan kepercayaan. Pedoman pendaftaran penerbitan BRIN dapat diakses pada tautan https://linktr.ee/akuisisiBRIN

(Dilihat sebanyak 272 kali)
Bagikan




Foto-foto Lainnya