Loading...

Kopertais 1 Fasilitasi Pendampingan Review Borang Akreditasi

Diposting Oleh Muhammad Syafiih, S.Pd - 27 June 2024 11:24:36 WIB

Foto : Dokumentasi Pengelola Sistem Informasi

Tangerang Selatan, 26 Juni 2024 – Sebagai bentuk pelaksanaan tugas pembinaan dan bentuk komitmen terhadap kualitas institusi binaan, Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta dan Banten menyelenggarakan supervisi pendampingan review borang akreditasi yang berlokasi di gedung aula 1 Kopertais (26/06/2024).

Pimpinan Kopertais 1 yang diwakili oleh Hj. Helmi Halimatul Udhmah, M.Si mengucapkan terimakasih atas kehadiran para pimpinan perguruan tinggi binaan dan mengharapkan kerjasamanya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi masing-masing. Lebih lanjut disampaikan bahwasanya hingga saat ini terdapat 12 Institusi dan 26 Program Studi dalam status kadaluarsa.

Sesuai dengan Permendikbud Ristek Nomor 53 Tahun 2023 bahwasanya batas pengajuan akreditasi pertama adalah Agustus 2024 dan bagi perguruan tinggi yang belum terakreditasi dapat dicabut izin operasionalnya. Menanggapi hal tersebut, Kopertais 1 akan melaksanakan pendampingan review borang akreditasi bagi perguruan tinggi yang belum mengajukan reakreditasi dengan menghadirkan assesor review terbaik salah satunya adalah Prof. Dr. KH. Ahmad Thib Raya, M.A.

Dalam pemaparan sebagai narasumber, Prof. Dr. KH. Ahmad Thib Raya, M.A menyatakan bahwa proses akreditasi bagi program studi sudah melalui beberapa lembaga akreditasi mandiri (LAM) seperti LAMEMBA, LAMDIK, LAMSPAK, dan sebagainya. Menurutnya, proses akreditasi melalui LAM termasuk sangat ketat dimana peringkat akreditasi dapat turun peringkat yang sebelumnya terakreditasi A dapat berubah menjadi B maupun C.

Kopertais akan melakukan segmentasi pendampingan borang, yakni pengelompokan prodi berdasarkan LAM akreditasi, pembahasan borang dan submit kedalam sapto. Bagi perguruan tinggi yang sudah siap dengan borangnya harap melaporkan kepada kopertais 1. Proses pendampingan borang wajib di hadiri oleh tim akreditasi prodi masing-masing perguruan tinggi dan sudah harus membawa borang untuk dilakukan review sehingga assesor pendamping dapat memberikan arahan yang tepat terhadap poin penilaian borang.

Asessor memiliki pengalaman dalam menilai borang sehingga hal-hal rinci akan dapat diketahui nilai kebenarannya seperti aspek logis terhadap sarana dan prasarana terhadap jumlah mahasiswa. Diharapkan melalui pendampingan borang yang diadakan kopertais1 dapat membuat PTKIS pada pertengahan Juli sudah bisa mengajukan melalui sapto. Jika sampai ada prodi yang ditutup, tentu umat muslim yang dirugikan apalagi jika perguruan tingginya yang ditutup

(Dilihat sebanyak 801 kali)
Bagikan




Foto-foto Lainnya