Loading...

Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dosen

Diposting Oleh Muhammad Syafiih, S.Pd - 17 July 2024 15:52:07 WIB

Foto : Dokumentasi Pengelola Sistem Informasi

Tangerang Selatan – 16 Juli 2024, Dosen sebagai salah satu instrumen penting dalam peningkatan mutu kampus memiliki kewajiban tridarma perguruan tinggi, salah satunya yakni pelaksanaan penelitian yang dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah.

Sebagai upaya pembinaan terhadap dosen dari perguruan tinggi keagamaan Islam swasta (PTKIS) binaan, Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten menyelenggarakan workshop penulisan karya tulis ilmiah (16/07/2024) bertempat di Aula 1 Gedung Kopertais Wilayah 1.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua LP2M/Kapuslit/LPM dari 68 PTKIS binaan dan menghadirkan dua narasumber kompeten yakni Dr. Suwendi, M.Ag (Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat periode 2018 s.d 2023) dan Dr. Saifuddin Asrori, M.Si. (Pusat Rumah Jurnal UIN Jakarta).

Dalam pembukaan acara, Sekretaris Kopertais 1, A.M. Hasan Ali, M.A didampingi Analis Kebijakan Hj. Helmi Halimatul Udhmah, M.Si menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Wakil Koordinator Prof. Dr. Sururin, M.Ag dikarenakan sedang menjalankan amanah sebagai petugas Haji. Kopertais Wilayah I berharap melalui kegiatan ini dapat membantu dosen-dosen binaan semakin aktif menulis dan mengsubmit karyanya melalui rumah-rumah jurnal.

Karya tulis memiliki bagian yang signifkan terhadap kebermaknaan dan kualitas perguruan tinggi. Karya tulis memiliki kebermanfaatan sepanjang waktu selain digunakan sebagai kewajiban dosen. Dalam mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas dapat diketahui salah satunya melalui peringkat webometric (digitalisasi kampus), kampus diwajibkan memiliki website terutama rumah jurnal online untuk meningkatkan publikasi karya tulis ilmiah. Jumlah sitasi online dapat meningkatkan reputasi kampus. Terjadi pergeseran jaman khususnya terhadap jurnal yang sudah beralih ke paperless. Dosen dituntut sudah harus mengikuti perkembangan tersebut. Kementerian Agama rutin memberikan bantuan dana penelitian melalui litapdimas. Diharapkan dapat memantau pembukaan pendaftaran melalui situs litapdimas.

Didalam penulisan karya ilmiah yang utama harus dipahami adalah urgensi/tujuan dari penulisan. Hal ini dimaksudnya agar penulis dapat mengembangkan ide penulisan dan tidak terpaku pada satu pokok pembahasan penelitian. Penulisan karya ilmiah dapat dimulai dari apa yang menjadi masalah yang terjadi sesuai dengan bidang keilmuan.

Dengan berkembang pesatnya teknologi, orisinalitas karya tulis menjadi hal yang harus diperhatikan. Penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) dapat digunakan sebagai refrensi ide maupun arah penelitian dosen sehingga bahasan penelitian yang dilakukan menjadi lebih kaya dan berkembang. Sudah banyak aplikasi pemeriksa orisinalitas seperti turnitin sehingga karya yang dihasilkan dapat diketahui tingkat orisinalnya. Diharapkan dosen dapat mengikuti perkembangan teknologi dengan memanfaatkan teknologi dalam penulisan karya tulis ilmiahnya.

(Dilihat sebanyak 1621 kali)
Bagikan




Foto-foto Lainnya